Rabu, 29 Desember 2010

PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH MX DALAM PROSES PEMBELAJARAN


7 Mei 2010, by: Niswah

Dalam dunia pendidikan suatu metode pembelajaran dapat dihadirkan dengan menggunakan alat peraga pembelajaran atau sering dikenal dengan media pembelajaran. Akan tetapi, terkadang alat peraga yang digunakan itu masih kurang atraktif dan monoton. Sehingga dalam rangkah meningkatkan kualitas proses pembelajaran, sudah saatnya seorang guru dalam proses pembelajaran itu menggunakan media-media pembelajaran.
Adapun kriteria pemilihan media yang baik adalah: (1) ketepatannya dengan tujuan pembelajaran, (2) dukungan terhadap isi materi pelajaran, (3) kemudahan memperoleh media, (4) keterampilan guru, dan (5) sesuai dengan taraf berfikir siswa.
Salah satu media pembelajaran sekarang ini yang bisa dikembangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer, terutama dalam bidang perangkat lunak yang semakin pesat ini sangat mendukung dalam penerapannya sebagai media pembelajaran yakni Macromedia Flash MX.
Macromedia Flash MX merupakan sebuah program aplikasi standar authoring tool professional yang dikeluarkan oleh perusahaan internasional Macromedia yang digunakan untuk membuat animasi vektor dan bitmap yang sangat menakjubkan untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game dan pembuatan situs web atau pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. (Andreas Suciadi, 2003: 3)
Program ini juga berbasis vektor grafis, jadi aksesnya lebih cepat dan terlihat halus pada skala resolusi layar berapapun, serta dapat diisi dengan bitmap yang di-impor dari program lain. Menurut Thorn (1995) salah satu keunggulannya adalah ukurannya yang begitu kecil namun dapat menampilkan animasi web yang mengagumkan. Flash juga mempunyai kemampuan untuk membuat animasi secara streaming, yakni dapat menampilkan animasi langsung meskipun proses download dan loading belum selesai seluruhnya. Selain itu, dengan Flash MX juga dapat dibuat movie kartun dan aplikasi web interaktif yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi langsung dengan aplikasi yang dibuat.
Movie Flash juga bisa memasukkan unsur interaktif dalam movie-nya dengan Action Script (bahasa pemrograman di Flash) sehingga user bisa berinteraksi dengan movie melalui keyboard atau mouse untuk berpindah ke bagian-bagian yang berbeda dari sebuah movie, memindahkan objek-objek, memasukkan informasi melalui form, dan juga operasi-operasi lainnya.
Kelebihan lain yang dimiliki program Macromedia Flash adalah mampu membuat tombol interaktif dengan sebuah movie atau objek yang lain. Macromedia Flash mampu membuat perubahan transparansi warna dalam movie dan juga mampu membuat perubahan animasi dari satu bentuk ke bentuk lain serta mampu membuat gerakan animasi dengan mengikuti alur yang telah ditetapkan. Dengan Macromedia Flash, file dapat dikonversi dan dipublikasikan (publish) ke dalam file aplikasi (exe).
Tumbuhnya kesadaran terhadap pentingnya pengembangan media pembelajaran di masa yang akan datang harus dapat direalisasikan dalam praktik. Di samping memahami penggunaannya, para guru patut berupaya untuk mengembangkan keterampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efisien,dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar