Selasa, 28 Desember 2010

BERKUNJUNG KE PT. TEMPRINA


Jum’at tanggal 10 Desember 2010 tepatnya pada jam 21.00 WIB. Kami mahasiswa Jurusan PAI semester VII Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, mengunjungi PT. Temprina yang terletak di Kepanjen kota Malang dalam rangkah tindak lanjut pada mata kuliah pendidikan jurnalistik yang dibina oleh bpk. Khoirul Anwar, M.Pd.
Dalam kunjungan kemarin, banyak sekali yang telah kita dapatkan dan kita ketahui bahwa PT. Temprina ini pernah mendapatkan ISO 9001.2009. dan dikepalai oleh direktur utama bapak Misbahul Huda dan salah seorang wakil direkturnya yaitu bapak M. Yunus. Di dalam PT. Temprina ini terdapat 43 karyawan. Sedangkan karyawan yang bertugas pada waktu malam itu hanya ada 23 karyawan saja. Proses pencetakan di PT. Temprina ini menggunakan plat alumunium yang berasal dari Negara Cina. Alat ini dalam sehari dapat mencapai 40 aluminium. Plat alumunium ini hanya dapat dipakai hanya sekali pemakaian, dan setelah itu dibuang atau bisa juga dijual kembali. Plat ini nantinya akan dipasang pada mesin yang disebut dengan masterny.
Mesin di PT. Temprina ini memiliki kecepatan 40000/jam. Untuk PT. Temprina sendiri hanya mencetak Radar Malang dan Olahraga saja, dan untuk yang Jawa Pos itu dicetak oleh Surabaya. Koran-koran tersebut akan digabungkan di Lawang pada pukul 03.00-03.30 WIB. Aktivitas pencetakannya, jika pada hari senin-jum’at berkisar 30.000 exemplar, sedangkan pada hari sabtu dan minggu berkisar 40.000 exemplar. Kesalahan cetak paling normal berkisar antara 100 kg-150 kg. Apabila mesin pencetak rusak, PT. Temprina masih memiliki satu mesin lagi. Untuk satu gulungan kertas, dapat mencetak 18.000. Dalam mencetak bisa menghabiskan 20 kg tinta. Banyaknya mencetak itu tergantung dengan pemesanan agen. Agen memesan paling lambat pada pukul 19.00 WIB.

BY: NISWAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar